5 Pertimbangan Memilih Karpet Untuk Hunian

Kini rumah memiliki beragam gaya minimalis dan kekinian. Tak heran pemilik rumah ingin tampilan rumahnya elegan dan menjadi surga melepas lelah usai bekerja. Salah satunya menjadikan karpet sebagai alas lantai agar tampilan rumah semakin elegan. Mengingat pangsa pasarnya sangat besar, kini bermunculan trand-trend terbaru dengan motif yang menggoda selera.

Karpet Untuk Hunian

Mulai dari anak-anak hingga orang tua menyukai motifnya yang lucu dan beragam. Apalagi penggunaannya memberikan banyak keuntungan bagi penghuni rumah dan tamu yang berkunjung agar betah di rumah.

Pertimbangan Dalam Memilih Karpet

Selain menciptakan suasana rumah yang nyaman karena motif dan warnanya yang bagus, kehadiran karpet lantai dapat menjaga furnitur agar terhindar dari gesekan dengan lantai yang menimbulkan pengelupasan cat atau cacat pada furniture. Apalagi kini musim tidak dapat ditebak, kadang hujan kadang panas.

Tak heran masyarakat rela membeli, bahkan sebagian orang menggantinya secara berkala agar suasana rumah tetap nyaman dan memberikan kesan unik. Namun setiap orang memiliki warna kesukaan dan bahan yang berbeda-beda, alhasil terkadang bingung saat membeli agar cocok. Untuk itulah dibawah ini ada 5 pertimbangan dalam memilih, diantaranya adalah:

1. Fungsi Ruangan

Apapun yang akan dibeli, menentukan fungsi ruangan wajib diperhatikan agar barang tersebut cocok diaplikasikan. Sama halnya dalam memilih karpet lantai. Untuk itu pertimbangan sebelum membeli, apakah pengunaannya untuk ruang tamu, ruang keluarga atau kamar tidur.

2. Furniture Pengisi Ruang

Setiap rumah memiliki furnitur yang berbeda-beda karena semuanya tergantung keinginan pemilik rumah. Selain warna dan ukurannya juga berbeda-beda dan tidak dapat disamaratakan semua rumah. Maka tatkala membeli wajib mempertimbangan secara matang dan berkonsultasi dengan suami atau istri agar ada kesepakatan pendapat dan pihak keluarga setuju.

3. Berat Benang

Pertimbangan ini biasanya ada saat membeli karpet meteran karena terkadang memiliki perbedaan berat benang. Dengan mengetahui berat benang maka pembeli puas dan tidak ada penyesalannya dikemudian hari. Apalagi berat benang dapat mempengaruhi kenyamanan tatkala diduduki atau tengah mengadakan acara.

4. Tema Ruangan

Tema ruangan menjadi pertimbangan wajib agar saat diaplikasikan cocok dengan ruangan. Misalnya tatkala pemilik rumah memiliki gaya klasik dan modern, maka dapat memilih yang memiliki pola dari Eropa yang terdapat banyak detail. Sementara untuk tema modern dapat memadukan pelapis lantai satu ini dengan warna lembut dan bermotif. Misalnya motif garis-garis atau kotak-kotak.

5. Ukuran Ruang

Pertimbangan yang ke 5 adalah menentukan ukuran ruangan agar sesuai dengan penggunaannya. Hal itu untuk menghindari ketidaksesuaian, misalnya ukuran ruang yang tidak sesuai akan memberikan kesan tidak seimbang dan membuat ruangan sempit. Pastinya hal itu membuat ruangan tidak nyaman dan rapi. Untuk itu tatkala memiliki ruangan berukuran 4m x 5m dapat menggunakan pelapis lantai yang ukurannya 160 cm x 230 cm. Sementara tatkala ukuran ruangannya lebih kecil dapat menggunakan ukuran 120 cm x 170 cm.

Baca juga: Kursi Kantor Ergotec, Bikin Nyaman dan Sehat!

Memilih karpet untuk membuat tampilan rumah menjadi mewah memang gampang. Apalagi sebelum memutuskan membeli dapat mencari referensi mengenai motif dan harganya agar sesuai dengan anggran. Misalnya menanyakan pada tetangga yang lebih dahulu membeli, atau langsung mendatangi toko agar memastikan secara detail. Belum lagi penjualannya banyak yang dilakukan secara offline sekaligus online, tentunya hal itu memudahkan calon pembeli agar menanyakan semua hal yang akan dibeli. Hal itu menjadi kemudahan bagi masyarakat dalam membeli dan menentukannya.