Ingin Memasang Wallpaper Dinding? Yuk Intip 7 Pilihan Bahan Wallpaper Serta Kelebihannya

Wallpaper dinding merupakan pelapis dinding yang sedang tren saat ini, karena dinding yang tadinya polos bisa dihias sesuai keinginan pemiliknya hanya dengan memasang wallpaper. Selain itu keberadaan wallpaper juga bisa menutupi warna dinding yang tidak sempurna ataupun lecet. Seiring perkembangannya, wallpaper semakin dimodifikasi dengan berbagai bahan yang disesuaikan kebutuhannya dengan harga wallpaper dinding murah sebagai daya tarik utamanya.

Bahan Wallpaper

Source: Waliicorners.com

Bahan-bahan Wallpaper Serta Kelebihannya

Wallpaper memiliki banyak pilihan bahan yang masing- masing memiliki keunggulan sesuai dengan kebutuhan pemakainya. Pemilihan bahan yang sesuai kebutuhan sangat penting untuk memaksimalkan fungsi wallpaper pada dinding, berikut bahan-bahan wallpaper beserta kelebihannya.

1. Wallpaper Kertas

Sesuai dengan namanya, paper atau kertas merupakan bahan yang pertama kali digunakan untuk membuat wallpaper dinding.  Walaupun bahannya mudah sobek, namun bahan ini memiliki kelebihan dari motifnya yang lebih beragam. Wallpaper kertas merupakan jenis wallpaper dinding murah dibandingkan dengan bahan lainnya.

2. Wallpaper Vinyl

Wallpaper Vinyl

Source: Cnwallife.en

Bahan vinyl sangat mudah diaplikasikan pada dinding, karena mudah ditekuk untuk mempermudah proses pemasangan. Tidak seperti bahan kertas, wallpaper vinyl tidak mudah sobek, dan aman terhadap kondisi yang lembab. Karena kelebihannya inilah, wallpaper berbahan vinyl relatif lebih tahan lama dibandingkan dengan wallpaper kertas.

3. Heavy Duty Paper

Bahan heavy duty paper terkenal akan ketebalan dan kekuatannya, sehingga tidak mudah rusak, bahkan bisa dilapisi cat, tanpa membongkar wallpaper. Kelebihan yang paling terlihat dari bahan ini sejak awal kemunculan nya adalah kemudahan dalam membersihkannya, yang bisa dilap menggunakan kain basah. Karena banyak peminatnya, banyak toko online dan offline yang jual wallpaper dinding jenis ini.

4. Wallpaper Tekstil

Wallpaper dengan bahan kain tekstil memiliki kelebihan dari motifnya yang sangat elegan dan memberikan kesan mewah jika diaplikasikan pada dinding. Selain itu permukaan dinding terasa lebih lembut layaknya kain, namun pemasangan wallpaper jenis ini hanya boleh dilakukan oleh ahlinya, untuk menghindari kerusakan pada proses pemasangan.

5. Wallpaper Alumunium

Wallpaper Alumunium

Source: Merdeka.com

Karena terbuat dari alumunium, tidak heran jika wallpaper yang dihasilkan memiliki efek kilap yang unik dan menarik. Selain itu wallpaper alumunium juga memiliki ketahanan yang baik terhadap lembab ataupun minyak, sehingga cocok diaplikasikan di dapur, ataupun area lembab. Walaupun memiliki banyak kelebihan, wallpaper bahan alumunium sangat tipis, sehingga jika tidak hati-hati dalam menggunakannya akan mudah sobek

6. Wallpaper Fiberglas

Wallpaper fiberglass terbuat dari bahan serat fiberglass yang ditenun sehingga menghasilkan bentuk wallpaper yang bisa ditempel pada dinding. Karena terbuat dari fiberglass, maka wallpaper jenis ini memiliki ketahanan yang baik terhadap api serta tidak mudah berjamur. Walaupun masih banyak yang belum mengenal wallpaper jenis ini, namun sudah banyak toko yang jual wallpaper dinding fiberglass dengan mengunggulkan bahannya yang tahan api.

7.Wallpaper Flock

Wallpaper ini menggunakan serat wol yang tentunya memiliki kelebihan dari teksturnya yang lebih lembut dan halus. Selain itu kesan beludru menjadi ciri khas tersendiri dari bahan ini, sehingga warnanya terlihat bisa berubah sesuai efek pencahayaan dan posisi orang yang melihatnya.

Demikianlah beberapa bahan dari wallpaper dinding dengan kelebihannya masing-masing sesuai dengan kebutuhan. Untuk memaksimalkan fungsi wallpaper, seseorang wajib menentukan terlebih dahulu area dinding yang akan dipasang wallpaper dinding murah. Hal ini diperlukan untuk mengetahui kriteria dinding yang nantinya disesuaikan dengan jenis bahan wallpaper yang tepat untuk dipasang pada area tersebut.