Bermacam – Macam Ukuran Karpet dan Kesesuaiannya dengan Kebutuhan

Ukuran Karpet

Mengunjungi toko karpet akan mendapati bahwa varian karpet memiliki aneka bentuk, ukuran, merek, jenis motif, warna, dan sebagainya. Selain sebagai pelapis lantai, karpet juga memiliki nilai estetika yang menambah interior design ruangan menjadi lebih menarik. Tentunya, membeli karpet juga harus disesuaikan dengan kebutuhan ruangan yang akan menggunakan karpet. Rumah bukanlah satu-satunya tempat yang dapat menggunakan karpet, kantor, hotel dan bangunan lainnya juga lazim mengunakan karpet sebagai bagian interiornya.

Kiat Memilih Ukuran Karpet Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Mempercantik ruangan dengan karpet dapat dilakukan secara maksimal dengan mempertimbangkan berbagai ilusi yang dapat diciptakan oleh adanya karpet dalam ruangan. Kamar dapat menjadi lebih luas atau nyaman, hal tersebut dapat dicapai dengan pemilihan karpet yang tepat. Temukan toko karpet Jakarta dan kota besar lainnya untuk memperoleh pilihan karpet yang trending dan sesuai dengan kebutuhan ruangan.

1. Full Karpet

Karpet yang melapisi keseluruhan lantai umum digunakan pada ruangan besar yang luas. Hotel, rumah sakit, ballroom, kantor adalah segelintir ruang publik yang memanfaatkan karpet berukuran besar yang dapat digunting dan ditempel mengikuti layout ruangan. jenis Karpet tile, nilon dan akrilik adalah beberapa bahan dasar karpet yang memiliki ukuran besar yang banyak digunakan oleh bangunan luas. Karena ukurannya yang besar, motif dan warnanyapun bervariasi baik secara polos atau menggunakan pola tertentu.

2. Karpet Meteran

Karpet Meteran

Bentuk pelapis lantai yang memiliki ukuran memanjang yang biasanya dibeli dalam jumlah meteran dan dibawa dalam bentuk roll. Karpet jenis ini biasanya digunakan pada masjid dengan gambar sajadah untuk menggantikan fungsi sajadah dalam melakukan sholat. Karpet yang dijual secara meteran dipasaran memiliki ukuran lebar sebesar 4 meter dan panjang bervariasi sekitar 25 sampai 40 meter.

3. Karpet Sisal

Selain sebagai pemanis ruangan, karpet juga dapat menghindari lantai agar tidak terlalu licin dan aman. Karpet dengan ukuran yang disesuaikan untuk tangga ini memberikan pengamanan extra bagi tangga. Bahan material karpet ini mudah dibersihkan dan dipelihara. Hanya dengan menggunakan penyedot debu atau sapu dapat menghalau debu dengan mudah.

Baca ini juga: Inspirasi Dekorasi Kelas Taman Kanak-Kanak yang Kekinian

4. Permadani

Karpet yang diletakan dibawah meja ruang tamu atau keluarga umumnya memiliki ukuran sedikit lebih besar dari pada mejanya. Karpet yang difungsikan sebagai pelapis dalam ruangan ini memiliki beberapa ukuran dengan kisaran antara 120 cm x 170 cm, atau ukuran medium sekitar 200 cm x 300 cm. Untuk ruangan utama yang besar dapat menggunakan karpet permaidani dengan ukuran 400 cm x 600 cm.

5. Karpet Karakter

Untuk kamar anak atau remaja kini karpet juga memiliki bentuk unik yang mengikuti karakter tokoh kesukaannya. Oleh karena itu ukurannya pun lebih kecil dan bukan berbentuk kotak seperti karpet pada umumnya. Terdapat karpet berbentuk kepala Mickey Mouse, Hello Kitty atau karakter lainnya yang populer dimasyarakat. Biasanya jenis karpet ini memperindah kamar tidur sesuai dengan kesukaan sang penghuni kamar.

Terdapat aneka kepentingan dalam menghias suatu interior ruangan. Karpet menjadi salah satu dekorasi pendukung yang menjadi faktor utama atau pendukung tergantung dengan design ruangan. Karpet yang lebih besar lebih bermanfaat untuk menghangatkan kaki dam memberikan kenyamanan, sementara ukuran yang lebih kecil lebih berfungsi sebagai pemanis. Apapun kebutuhannya, perhatikan bahan, warna dan motif untuk memberikan kesesuaian dengan ruangan yang akan dihias. Karpet polos akan memberikan kesan lebih lega sementara karpet perpola lebih cocok untuk ruangan yang lebih luas.