Cara Merawat Engsel Pintu supaya Selalu Lancar

Memiliki hunian rumah yang nyaman, asri, dan indah merupakan dambaan setiap orang. Hunian rumah yang nyaman, bukan hanya terletak pada bentuk bangunannya saja, tetapi unsur dalam hunian rumah juga perlu diperhatikan. Pertimbangan terhadap bentuk pintu, jendela, langit-langit, termasuk interior yang semakin memperindah hunian rumah.

Cara Merawat Engsel Pintu supaya Selalu Lancar

 

Tidak ada hunian rumah yang tidak dilengkapi dengan pintu. Pintu menjadi salah satu sarana yang penting karena, memiliki fungsi penghubung keluar masuknya antar ruangan. Pintu memiliki jenis dan model yang beragam dan Anda dapat memilih jenis pintu seperti apa yang cocok dengan konsep hunian rumah Anda.

Salah satunya jenis pintu yang saat ini sedang tren adalah jenis pintu upvc. Harga jual pintu upvc sangat beragam mulai dari ratusan ribu sampai jutaan. Masalah yang sering kali muncul pada pintu adalah engsel pintu yang macet dan tidak bisa digunakan dengan sempurna.

Cara Agar Engsel Pintu Tidak Bermasalah

Banyak jenis pintu yang ditawarkan ke masyarakat dengan harga dari yang murah sampai yang mahal seperti pintu upvc murah, pintu kayu jati atau pintu aluminium kaca. Adanya pintu dalam rumah juga termasuk sarana yang perlu dirawat, salah satunya perawatan pada engsel pintu. Ada beberapa cara agar engsel pintu tidak mengalami macet dan cara ini cukup mudah dipraktekan.

1. Jauhkan air dari engsel pintu

Jika engsel pintu terus menerus terkena air maka akan membuat engsel menjadi cepat berkarat. Jika engsel pintu berkarat maka akan membuat pintu menjadi macet dan tidak bisa dibuka atau ditutup dengan lancar. Biasanya masalah ini terjadi ketika musim penghujan tiba dan rentan terjadi pada pintu utama rumah yang berhubungan dengan bagian luar rumah.

Ada baiknya memberikan jarak antara pintu rumah dengan halaman rumah, hal ini untuk meminimalisir cipratan air hujan mengenai pintu utama rumah. Jangan sampai karena niat Anda ingin membersihkan pintu lalu Anda mengguyur pintu dengan semprotan air seperti mencuci sesuatu. Berhati-hatilah agar engsel pintu rumah Anda tidak terkena air dan pintu rumah Anda selalu berfungsi dengan sempurna.

2. Bersihkan engsel pintu dengan rutin

Jika engsel pintu jarang dibersihkan maka kotoran dan debu yang menempel akan semakin membuat tersumbat dan mengganggu fungsi engsel. Membersihkan engsel pintu secara rutin dapat menolong agar terhindar dari masalah kemacetan pada pintu rumah. Pembersihan secara berkala agar engsel pintu selalu bersih.

3. Olesi engsel pintu dengan pelumas

Pelumas seperti oli merupakan cairan yang digunakan untuk membuat engsel pintu rumah menjadi selalu licin. Oleskan pelumas ini dengan menggunakan kuas dan oleskan oli dengan secukupnya agar nantinya didapatkan hasil yang maksimal. Selalu olesi pintu dengan pelumas oli secara berkala.

Baca juga: Tuangkan Ide Motif Tembok Kreasimu Menggunakan Cat Melalui Tahap – tahap Ini!

4. Menyemprotkan cairan anti karat

Menyemprotkan cairan anti karat pada engsel pintu akan membantu fungsi pintu rumah berjalan dengan baik. Jika engsel tersumbat dan mengalami karat akan membuat pintu sulit untuk dibuka maupun ditutup. Cairan anti karat memiliki harga yang ekonomis atau murah dan tentunya pemakaiannya jangka panjang atau awet.

Melakukan perawatan pada engsel pintu merupakan hal yang mudah tetapi perlu kesadaran diri kita untuk merawatnya secara berkala. Lakukan pengecekan pada pintu yang terasa tersumbat atau macet ketika digunakan. Perbaiki jika ada engsel pintu yang rusak, atau gantilah engsel pintu rumah Anda dengan yang baru, agar fungsinya kembali berjalan dengan baik.