Ingin Ruang Tamu Bebas Nyamuk? Terapkan 5 Tips Ini

Penghuni rumah pasti kesal jika rumahnya banyak nyamuk karena termasuk serangga menyebalkan dengan gigitan kecilnya yang membuat tubuh. Apalagi jika nyamuk bersarang di ruang tamu, pasti mempengaruhi keindahan interior karena menimbulkan suara bising dan membuat tamu tidak nyaman berlama-lama. Memang, nyamuk muncul ke permukaan saat malam hari, tetapi harus dibasmi agar suasana ruang tamu nyaman dan berbincangpun menyenangkan.

Tips Agar Ruang Tamu Bebas Nyamuk

Bukan rahasia lagi seseorang membasmi nyamuk menggunakan obat bakar maupun semprotan pembasmi nyamuk. Sayangnya terkadang ada yang alergi dengan khas bau pembasmi nyamuk tersebut, apalagi jika ada anggota keluarga yang menderita asma pasti akan sesak napas menghirup asap maupun bau semprotan nyamuk. Tentunya kurang aman untuk kesehatan balita. Berikut ada 5 tips agar ruang tamu bebas nyamuk tanpa mempengaruhi kesehatan, antara lain:

1. Menggunakan Kawat Nyamuk

Kawat Nyamuk

Zaman serba canggih ini seseorang mudah mendapatkan segala hal, termasuk pembasmi nyamuk yang aman untuk kesehatan. Yaitu menggunakan kawat nyamuk yang ampuh mengusir nyamuk, tak heran yang jual kawat nyamuk semakin banyak karena terbukti efektif mengusir nyamuk di ruang tamu. Jika ruang tamu luas, dapat membelinya sekitar 3 atau 4 buah yang diletakan diarea berbeda agar keseluruhan ruangan bebas dari nyamuk.

2. Memakai Bahan Alami

Bunga Lavender dan Serai sudah terbukti ampuh menguir nyamuk sehingga cocok diletakan pada ruang tamu, bahkan membuat suasana ruang tamu nyaman dan harum khas bunga Lavender dan Serai. Caranya pun mudah, untuk serai dipotong-potong kecil dan diletakan disudut yang biasa dibuni nyamuk seperti kolong, sudut sofa maupun celah diantara sofa. Sementara bunga Lavender dapat dijadikan tanaman hias yang diletakan diatas meja, tamu akan nyaman dan suasana menyenangkan.

3. Rutin Membersihkan Furniture

Memang, membersihkan furniture seperti sofa dan meja terkadang malas karena banyak aktifitas di dalam rumah maupun di luar rumah. Padahal furniture ruang tamu yang tidak dibersihkan menjadi sarang nyamuk, usahakan membersihkan sekitar 1 minggu sekali agar kebersihannya terjaga karena nyamuk lebih suka bersarang di furniture yang kolongnya kotor. Jika anda sibuk cukup bersihkan 2 minggu sekali dan taruhlah kawat nyamuk di kolong sofa agar bebas dari nyamuk, tak dipungkiri harga kawat nyamuk terjangkau sehingga menjadi solusi mengusir nyamuk tanpa rasa kesal.

Baca juga: Jenis – jenis Bahan untuk Plafon yang Wajib Diketahui sebelum Anda Membangun Rumah!

4. Menutup Celah Udara Di Pintu Dan Jendela

Kebanyakan orang mengusung celah udara di pintu dan jendela sebagai sirkulasi udara di ruang tamu agar ruangan tidak pengap. Namun hal itu memicu nyamuk ke ruang tamu dan bersarang di antara perabotan, lebih baik menutup celah udara di pintu dan jendela agar bebas dari nyamuk. Jika membutuhkan sirkulasi udara yang baik, cukup membuka jendela dan pintu saat pagi sampai sore hari agar ruangan tidak pengap.

5. Menggunakan Warna Cat Dinding Pilihan

Walaupun serangga, jangan salah loh banyak warna cat yang dibenci nyamuk dan enggan bersarang diantara warna tersebut. Tentu menjadi tips efektif agar ruang tamu bebas nyamuk dan memberikan kenyamanan, warna tersebut adalah warna kuning, warna hijau, kuning kecokelatan, pulasan biru kehijauan dan warna lainnya. Warna cat tersebut dapat dipilih untuk mengecat dinding ruang tamu sesuai konsep ruang tamu yang diinginkan. Penambahan kawat nyamuk diperlukan agar interior semakin menawan, tentunya banyak yang jual kawat nyamuk disekitar tempat tinggal.