Inpirasi dan Tips Tata Ruang Kerja Kantor yang Cocok untuk Bekerja Tim

Desain tata ruang kantor pastinya menjadi kebutuhan tersendiri bagi setiap orang yang memang menghabiskan sebagian waktunya untuk bekerja di kantor. Tak heran, kontraktor kantor seringkali berkoordinasi secara berkala dengan pemilik kantor agar menghadirkan desain eskterior maupun interior yang pas. Jika untuk kantor mandiri, bisa dibuatkan sekat-sekat untuk setiap orangnya. Namun, bagaimana jika untuk tim? Nah, tata ruang kantor untuk tim berikut bisa dijadikan inspirasi!

Desain dan Tipe Ruangan untuk Tim

Pada dasarnya, desain ruangan untuk kerja tim dan kerja mandiri di kantor pastilah berbeda. Untuk ruang kerja tim, diharuskan memiliki ukuran yang lebih besar dan luas. Berbeda dengan ruang kerja pribadi atau per seorangan yang biasanya menggunakan space lebih kecil. Untuk inspirasi desain, Anda bisa meniru gaya coworking space yang saat ini sedang menjadi tren.

 

Dalam penerapannya, kontraktor interior kantor akan membuat kantor dengan sistem open space. Yang mana, kantor menjadi lebih terbuka antara satu staff/karyawan dengan yang lainnya. Tidak ada penyekatan di ruangan tersebut. Dengan begitu, setiap pekerja kantor pun akan lebih leluasa dalam menuangkan ide dan berbagi bersama rekan kerjanya.

Di samping itu, penambahan space untuk beristirahat pun penting untuk diaplikasikan. Tidak hanya menyediakan ruang kerja tim saja, pastikan ada sedikit space untuk tempat bersantai. Baik berupa sofa, kursi bantal, atau ruang perpustakaan agar pekerja bisa rileks sambil membaca buku.

Inspirasi Nuansa Interior

 

Setelah Anda menerapkan mode open space office untuk ruangan kerja tim di kantor, selanjutnya beralih pada penerapan konsep nuansa nterior. Nuansa ini sangat erat kaitannya dengan pengelolaan tata ruang yang akan dibuat. Dalam penerapannya, Anda bisa menghadirkan nuansa kantor yang lebih industrial. Nuansa ini memang sangat kental dengan desain-desain kantor pada umumnya. Agar tidak terlalu kaku, penambahan unsur kayu bisa meminimalisirnya.

 

Selain gaya industrial, tidak ada salahnya Anda menerapkan konsep nuasa homy yang bisa menambah kebetahan para pekerja. Desain interior kantor yang homy biasanya lebih disenangi karena saat bekerja pun akan lebih rileks. Penambahan beberapa sofa-sofa, ruangan yang hangat, dan dekorasi dinding serta pewarnaan menarik mampu mewujudkan nuansa tersebut.

Penggunaan Furnitur Kantor dan Penerapannya

Selain desain ruangannya, dalam penataan ruang tentunya furnitur bisa memegang hal yang penting juga. Biasanya kontraktor interior kantor akan sekaligus memberikan inspirasi furnitur seperti apa yang cocok untuk ruang kantor Anda, terlebih jika diperuntukan bagi pekerja tim. Karena desain tata ruang kantor untuk tim dan memuat orang banyak, pastinya furnitur yang digunakan pun diperuntukan bagi kelompok.

 

Anda bisa menambahkan meja yang berukuran besar dan memanjang. Penggunaan meja ini cocok ketika para pekerja beradu ide dalam timnya. Meja kerja seperti ini dapat membuat para karyawan lebih berbaur sehingga apa yang dibicarakan pun lebih terkoordinasi. Usahakan juga untuk memilih meja kantor yang ukurannya cocok dan tidak terlalu tinggi maupun rendah.

Selain meja, penambahan kursi yang cocok pun perlu diperhatikan. Gunakan kursi kantor yang nyaman seperti kursi hadap yang cocok untuk berdiskusi. Agar lebih hemat ruang, penggunaan kursi kantor lipat pun bisa dijadikan inspirasi. Tambahkan juga sofa-sofa yang nyaman agar para pekerja bisa sedikit merasa rileks di tengah penatnya aktivitas bekerja.

Itulah beberapa inspirasi dan tips dalam menghadirkan tata ruang kerja kantor yang cocok secara tim. Agar lebih tepat dan sesuai, selalu koordinasikan dengan kontraktor kantor Anda. Yang paling penting, selalu utamakan kenyamanan pekerja agar prosesi bekerjanya pun lebih fokus dan produktif.