Kelebihan, Kekurangan dan Harga Satuan Rockwool Peredam Suara Terbaru di Pasaran

Rockwool

Peredam suara dalam pasar konstruksi sudah sangat ramai digandrungi. Hal ini karena perannya yang sangat menguntungkan. Jika Anda pernah memasuki ruang karaoke atau studio yang di dalamnya menyetel suara cukup keras tapi tidak terdengar ke luar ruangan, itulah peran peredam suara. Namun dewasa ini selain di ruang karaoke maupun studio, peredam suara sudah banyak digunakan di rumah-rumah konvensional maupun di ruangan meeting kantor untuk menjaga kebisingan, privasi dan kefokusan penghuninya.

Peredam suara umumnya ditempel seluruh dinding di ruangan yang ingin diredam. Peredam suara memiliki banyak jenis, salah satunya adalah rockwool.

Rockwool merupakan bahan peredam suara yang terbuat dari berbagai macam batuan yang diproses untuk kemudian dijadikan serat lembaran yang umumnya berwarna kuning atau abu-abu. Rockwool memiliki karakteristik yang fleksibel dan elastis, juga cukup lunak sehingga mudah dipindah dan dipasang. Rockwool dijual di pasaran dengan harga yang murah. Rockwool murah dapat ditemukan di hampir semua kota di Indonesia, sehingga jika Anda ingin menggunakan rockwool untuk ruangan Anda, Anda tidak akan kesulitan menemukan rockwool.

Kelebihan dan Kekurangan Rockwool Peredam Suara

Rockwool peredam suara memiliki banyak kelebihan serta juga kekurangan yang dapat dipertimbangkan ketika akan menggunakannya. Kelebihan dan kekurangan rockwool antara lain:

1. Kelebihan

  • Memiliki tingkat daya konduksi rendah yang  menyebabkan sulit masuknya panas ke ruangan sehingga ruangan tetap bertahan dingin
  • Tidak mudah terbakar api, berkarat maupun berjamur
  • Memiliki daya fleksibilitas yang tinggi sehingga sangat mudah dipasang
  • Tidak perlu perawatan
  • Dimensi rockwool tetap stabil dalam berbagai macam suhu dan kelembaban
  • Rockwool juga tidak mudah berbau dan dapat terhindar dari kutu

2. Kekurangan

  • Ketebalan rockwool relatif kecil dibandingkan dengan jenis peredam yang lain, namun ketebalan rockwool tetap lebih tebal dari busa terlur
  • Rockwool memiliki sifat yang mudah rontok sehingga kekuatan meredam suaranya dapat turun suatu waktu
  • Jika rockwool tersentuh kulit, akan menyebabkan iritasi, apalagi bagi jenis kulit yang sensitif. Maka dari itu memasang rockwool harus dilapisi lagi menggunakan pelapis tertentu
  • Jika terhirup oleh paru-paru, rockwool juga memiliki efek yang tidak menguntungkan dan dapat menyebabkan gangguan pernafasan jika terus terhirup dalam waktu yang lama
  • Karena kualitas redaman suaranya dapat menurun, juga cukup berbahaya bagi kesehatan pernafasan, rockwool tidak dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Rockwool dalam memasangnya perlu menggunakan pelapis dan pelindung tertentu agar tidak menyakiti kulit, mengganggu pernafasan juga meminimalisir kerontokkan lebih cepat sehingga dapat digunakan lebih lama.

Harga Satuan Rockwool di Pasaran

Pada dasarnya, distributor rockwool di pasaran terbagi ke dalam dua, ada yang menjual rockwool tanpa merk atau brand, ada juga yang menjual rockwool dengan merk atau brand. Perbedaan keduanya tentu dari harga yang cenderung lebih mahal yang memiliki merk atau brand. Mengenai kualitas kita tidak dapat memastikan karena ada juga rockwool tanpa merk tapi memiliki kualitas yang lebih bagus dari pada yang memiliki merk.

Baca juga: Ciri Interior Klasik yang Hadirkan Kesan Mewah dan Megah

Rockwool peredam suara di pasaran dijual per roll maupun per lembar. Rockwool di pasaran umumnya memiliki ketebalan dari mulai 25 mm hingga 100 mm dengan densitas permukaannya yang berkisar antara 30 g/ meter persegi hingga 100 g/ meter persegi.

Rockwool dijual dengan harga yang cenderung murah, harga jual rockwool murah berkisar antara 50.000 rupiah hingga 100.000 rupiah per lembar di pasaran tergantung ketebalan dan densitas yang ditawarkan.