Kamar Mandi Anda Membosankan? Gunakan Wallpaper yang Aman Dipasang Pada Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan penting yang wajib ada dalam setiap rumah karena urgensi dari kegunaannya. Walaupun hanya sebatas tempat membersihkan diri, kenyamanan kamar mandi tetap harus diperhatikan. Salah satu caranya tentu dengan menjaga kebersihannya, serta memberi hiasan yang membuat seseorang tidak malas ke kamar mandi, seperti memasang wallpaper anti air. Kamu bisa mendapatkan wallpaper anti air di tempat Greenwall.co.id.

Wallpaper yang Aman Dipasang Pada Kamar Mandi

Source: Caradesainrumah.com

Jenis Wallpaper Untuk Kamar Mandi

Karena memiliki sifat yang lembab, maka seseorang tidak bisa sembarangan memilih jenis wallpaper untuk kamar mandi. Ada beberapa jenis wallpaper yang didesain khusus agar tahan terhadap air, yang bisa dijadikan pilihan yang tepat, seperti berikut

1. Wallpaper Foil

Wallpaper foil menggunakan bahan timah sebagai pelapis permukaannya, sehingga memberikan kesan yang mengkilap pada dinding. Wallpaper foil sangat cocok dipasang pada kamar mandi, karena bahannya yang tahan terhadap air, bahkan minyak sekalipun. Namun sayang nya, wallpaper foil memiliki kekurangan dari bentuknya yang tipis, sehingga pemasangannya harus menggunakan jasa pemasang wallpaper khusus agar tidak mudah sobek.

2. Wallpaper Vinyl

Wallpaper anti air yang paling terkenal dan banyak digunakan karena berbagai keunggulan dan kemudahannya adalah jenis vinyl. Di mana selain tahan air, wallpaper vinyl juga tahan terhadap minyak dan debu serta tidak mudah sobek.

Bahannya juga lentur, sehingga dalam proses pemasangannya tidak sulit seperti wallpaper foil. Banyak toko yang jual wallpaper dinding murah dari jenis vinyl karena sangat populer dan bisa digunakan di segala ruangan.

3. Wallpaper Fiberglass

Walaupun harga wallpaper dinding fiberglass relatif lebih mahal, namun bahan ini memiliki banyak sekali keunggulan. Tidak hanya tahan terhadap air, bahan ini juga memiliki ketahanan terhadap jamur yang seringkali merusak wallpaper di daerah lembab. Hal inilah yang menyebabkan wallpaper ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada kamar mandi dalam waktu yang lama sekalipun.

Baca juga: Trik Meminimalisir Kelembaban Kamar Mandi Secara Efektif

4. Wallpaper Stiker

Wallpaper stiker menggunakan bahan kertas dilapisi dengan plastik, di mana plastik inilah yang memiliki formula anti air, sehingga aman dipasang pada kamar mandi. Berbeda dengan wallpaper pada umumnya yang menggunakan lem khusus untuk merekatkan wallpaper ke dinding, maka wallpaper stiker sudah dilengkapi dengan lem yang bisa langsung ditempelkan pada dinding. Selain itu, wallpaper jenis ini juga bisa diaplikasikan hanya pada bagian tertentu saja pada dinding, tidak harus rata menutupi seluruh permukaan dinding.

5. Wallppaer Self Adhesive

Wallpaper selanjutnya yang cocok diaplikasikan pada kamar mandi adalah wallpaper self adhesive, yang saat ini masih langka di pasaran. Padahal selain tahan air, wallpaper ini memiliki keunggulan dari adanya lem yang sudah merekat pada wallpaper. Sehingga untuk memasangnya cukup dengan membasahinya menggunakan air dan wallpaper akan merekat dengan sendirinya, tanpa bantuan lem perekat.

6. Cair

wallpaper cair

Souce: grupoquepasa.com

Walaupun berbentuk cair, namun wallpaper jenis ini memiliki beragam motif serta bahan yang tahan di dalamnya. Berbeda dengan wallpaper lainnya yang merekat menggunakan perekat khusus, maka wallpaper cair hanya perlu mencampurkan bahan dan bisa disapukan sendiri tanpa bantuan orang lain. Karena pengaplikasiannya yang mudah dan praktis, maka tidak heran jika harga wallpaper dinding ini sangat mahal dan masih jarang yang menggunakannya.

Beberapa pilihan wallpaper di atas, aman digunakan pada kamar mandi karena memiliki ketahanan terhadap air yang sangat baik. Agar lebih leluasa dalam memilih, tinggal mengunjungi toko yang jual wallpaper dinding murah dan lengkap dengan beragam pilihan menarik untuk kamar mandi.