Yuk Cari Tahu Cara Terbaik Bersihkan Kotoran Hewan di Karpet

Memiliki hewan peliharaan tentu menjadi hal yang menyenangkan untuk para pecinta hewan. Selain menggemaskan, hewan peliharaan terutama anjing juga bisa menjadi penjaga rumah. Sekarang ini, jenis hewan yang bisa dijadikan hewan peliharaan tidak hanya sebatas anjing dan kucing saja. Ada juga jenis hewan seperti marmut, ular atau burung. Hewan peliharaan bisa membantu orang – orang untuk meringankan stress setelah mereka seharian menjalankan aktivitas yang melelahkan.

 

Cara Bersihkan Kotoran Hewan di Karpet

Namun, jika Anda sudah berniat memelihara salah satu hewan berarti juga harus siap menghadapi segala resikonya. Salah satunya adalah apabila hewan mulai membuang kotoran tidak pada tempatnya, seperti di atas karpet. Pasti menjengkelkan bukan? Lalu bagaimana cara membersihkannya? Berikut cara terbaik membersihkan kotoran hewan di karpet.

Cara Membersihkan Pipis Hewan Peliharaan

Terkadang hewan peliharaan pipis di sembarang tempat, meskipun sudah disediakan tempat pipis dan diajarkan untuk pipis pada satu tempat. Apabila mereka sudah terlanjur buang air kecil di atas karpet, maka segera bersihkan dengan menggunakan handuk kering yang bersih sebelum air seni terserap lebih dalam ke karpet. Usahakan pakai handuk berwarna netral agar warnanya tidak luntur diatas karpet. Pastikan benar-benar telah kering sempurna dan tidak ada air seni yang tersisa. Setelah itu, semprotkan pewangi khusus ke atas karpet untuk menghilangkan bau amonianya.

Cara Membersihkan ‘Pub’ Hewan Peliharaan

Apabila hewan peliharaan anjing atau kucing sudah terlanjur buang air besar di atas karpet, maka segera bersihkan. Jika ‘pub’ hewan berbentuk padat, maka bisa membersihkannya dengan menggunakan sekop kecil atau sarung tangan sekali pakai. Caranya ambil kotoran padat tersebut dan buang ke closet kamar mandi, lalu bersihkan sisa noda si karpet memakai sikat dan sabun cair khusus dan sikat dengan lembut sampai noda hilang. Setelah itu, keringkan memakai hairdryer atau vacum. Sedangkan untuk kotoran yang lembek, bisa dibersihkan dengan memakai kardus dan tisu. Lalu sikat sisa kotoran dengan sikat dan keringkan.

Cara Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan

Bersihkan Kotoran Hewan di Karpet

Resiko yang paling banyak dialami oleh orang – orang yang memelihara hewan peliharaan terutama untuk anjing dan kucing adalah bulu yang bertebaran di mana – mana. Untuk membersihkan bulu yang terjatuh di atas karpet, bisa dibersihkan dengan memakai sikat, vacum cleaner atau sapu. Jika ada bulu – bulu yang masih sulit dibersihkan, pakailah tisu basah dan selotip untuk mengangkatnya. Saat ini sudah banyak jenis karpet yang di jual oleh toko karpet Jakarta dengan motif dan harga yang bervariasi tergantung kebutuhan. Pilihlah karpet dengan bahan yang mudah dibersihkan supaya bulu hewan peliharaan Anda tidak terlalu mengotori karpet.

Baca juga: Inspirasi Konsep Ruang Terbuka Untuk Bersantai

Trend memelihara hewan yang semakin menjamur di kalangan milenial ini membuat mereka berlomba-lomba memilikinya. Walaupun terkadang mereka aslinya tidak terlalu suka dengan hewan, dan hanya memikirkan gengsi semata. Memiliki hewan peliharaan tidak semudah yang dipikirkan, bila tidak mau menerima segala resikonya untuk selalu mengajak mereka jalan – jalan dan memandikan secara teratur.

Terkadang ada juga perusahaan yang memperbolehkan orang-orang untuk membawa hewan peliharaan mereka masuk ke dalam kantor. Nah, resiko untuk membersihkan kotoran hewan di atas karpet kantor juga akan terjadi. Oleh karenanya, jangan lupa siap sedia tisu basah, sarung tangan plastik, dan kantong di dalam tas agar bisa lebih mudah untuk membersihkan kotorannya.