Agen Harga

Tips Memilih Meja Kantor Penunjang Kenyamanan Bekerja

Meja kerja adalah elemen penting demi produktifitas kerja Anda. Tetapi jika kualitasnya buruk, tentunya akan mengganggu aktifitas Anda di kantor. Maka darii itu sangat penting untuk mengetahui cara memasang meja kantor sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan ketika memilih meja kantor yang tepat. Terutama jika Anda manajer atau pemegang keputusan  penting di perusahaan. Anda harus mengerti betul situasi dan kondisi peralatan dan perlengkapan kantor yang menunjang produktifitas.

Ergonomi Meja Kantor

 

Sangat penting bahwa ketika anda memilih, paling tidak desain meja kantor harus memiliki ruang yang untuk kaki karyawan. Ketinggian meja standar biasanya antara 70 dan 75 centimeter dari permukaan lantai. Lebar meja yang disarankan sangat tergantung pada tugas dan tanggung jawab masing-masing karyawan. Masing – masing divisi mungkin memilki kebutuhan yang berbeda.

Jika sebagian besar pekerjaan Anda dilakukan dengan komputer, penting untuk memilih meja yang memiliki ruang luas agar kabel tidak mudah tersangkut serta memilih kursi yang tidak bikin pegal. Tapi jika jenis pekerjaan cenderung menghasilkan banyak dokumen dan menjadi penting untuk mengakomodasi tumpukan kertas atau buku, maka sangat dianjurkan untuk memilih meja yang memiliki permukaan seluas mungkin.

Selain itu, meja tidak boleh memiliki tepi yang tajam. Karena akan membuat tekanan yang nyaman pada pergelangan tangan. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih desain meja dengan ujung membulat.

Pertimbangkan Barang yang Akan Disimpan

Kegiatan kantor sering membutuhkan banyak perangkat elektronik. Itu artinya ketika Anda memilih meja, pertimbangkan juga perangkat yang harus ada di dekat Anda. Beberapa jenis meja mungkin mampu menampung banyak barang. Akan tetapi meja kantor dengan bahan bubuk kayu agak mudah lapuk.

Apakah meja Anda perlu mengakomodasi telepon, faks, printer, dan komputer atau hanya laptop? Apakah Anda bekerja secara eksklusif di komputer, atau Anda perlu ruang untuk meletakkan beberapa lembar kertas dan dokumen? Pertanyaan-pertanyaan itu yang sekiranya harus dijawab sebelum memutuskan untuk membeli meja yang baru.

Perhatikan Luas Ruangan 

Luas ruangan begitu penting sebagai bahan pertimbangan. Anda harus memahami betul ruang yang harus disediakan untuk mobilitas karyawan kantor. Usahakan meja cukup untuk mengakomodasi segala kebutuhan karyawan Anda untuk bekerja. Ukuran meja kantor tidak boleh terlalu besar atau terlalu kecil. Meskipun desainnya cukup bagus untuk menunjang keindahan ruangan.

Baca juga: Ragam Bentuk dan Harga Konblok yang Populer di Indonesia

Anda dapat mempertimbangkan desain meja dalam bentuk “L” atau “U” untuk menghemat rangkaian meja dalam ruangan yang luas. Teknik ini telah banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan besar yang menampung ratusan pekerja di dalamnya. Opsi lain yang sangat menarik adalah menggabungkan beberapa permukaan dan menempatkan dua meja secara paralel atau memilih tabel dalam bentuk U atau L.

Stabilitas

Saat memikirkan kualitas dan daya tahan meja, penting untuk mempertimbangkan kaki meja. Ada banyak jenis kaki dan itu bisa sangat membantu untuk mengetahui karakteristik tiang dan keunggulan masing-masing jenis meja. Dalam hal ini Anda harus memperhatikan lantai jenis apa yang dipasang di kantor. Menggunakan karpet atau kayu vinyl, atau mungkin keramik. Semua itu harus diperhatikan. Karena tidak semua jenis meja akan serasi dengan keramik.

Ada kaki meja yang mudah bergeser ketika ditempatkan di atas keramik. Ada pula kaki meja yang bisa merusak permukaan kayu vinyl. Semua itu harus dipertimbangkan baik-baik agar perusahaan tidak terlalu banyak membuang dana yang tidak penting.

Exit mobile version